Anak-anak asrama Putra D'Numb bersama Pembina Asramanya |
Anak-anak Asrama D'Numb |
I. ARTI NAMA D’NUMB
Asrama D'Numb merupakan salah satu dari beberapa
asrama yang berada di wilayah Trans Blok C- Harekakae-Betun-Malaka yang sudah
berdiri sejak 31 Juli 2016. Secara spesifik istilah D'Numb sebenarnya merupakan
sebuah akronim yang menggambarkan bahwa asrama ini pada dasarnya dibangun untuk
menjadi tempat penginapan bagi anak-anak yang bersekolah di SMA Negeri
Harekakae dan Juga SMP Negeri Tabene. D'Numb merupakan bahasa adopsi dari
bahasa Inggris dari kata Numb yang artinya kaku atau mati
rasa. Kekakuan anak-anak remaja dalam menjalani kehidupannya dengan memboroskan waktu menjadi inspirasi
untuk membentuk sebuah asrama yang memiliki dasar-dasar pola aturan yang baku
demi menunjang pertumbuhan fisik dan psikis dari anak-anak yang tinggal di
asrama ini. Pembubuhan kata D dengan tanda petik pada kata
numb mengarah pada akronim dari beberapa versi yakni Dari Numbei, Dari Numbei
Builaran, Daka Nosi Uma Mamulak Besik. Perlu diperhatikan bahwa pengucapan
asrama ini merupakan pengucapan dalam bahasa Inggrs yakni D'Numb dibacanya
denamb bukan denumb. diharapakan bagi siapa saja yang membaca website ini agar
tidak salah kaprah.
Asrama D'Numb meliputi asrama putra dan putri
yang berfungsi sebagai piranti pemudah demi tercapainya tujuan bersekolah.
Suasana kehidupan asrama yang dipelihara adalah semangat persaudaraan sejati
yang membuat warga asrama dan juga masyarakat merasa aman, senang dari kerasan. Suasana inilah
yang akan membantu anak asrama D'Numb untuk mengembangkan diri dalam segi
intelektualitas, religiusitas, humanitas, sosialitas. Di tempat ini semua anak asrama akan adanya pendampingan dan
pelatihan. Kegiatan pendampingan ini diberikan pada anak asrama dengan maksud agar mereka menjadi
pribadi yang berkualitas tinggi, beriman, berwatak, dan berbudi pekerti luhur
dalam bidang pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai hidup yang
diperlukan untuk siap melanjutkan ke Perguruan Tinggi maupun hidup di tengah
hidup di masyarakat.
II. HAKIKAT ASRAMA D’NUMB
Hakikat kehidupan asrama D'Numb adalah bukan
semata-mata pembentukan kebiasaan namun lebih terfokus pada proses pembentukan
nilai dan norma pada diri anak-anak asrama dengan memperhatikan beberapa unsur
kehidupan yakni agama, pendidikan, pekerjaan, kebenaran, kebersamaan
(persaudaraan dan kekeluargaan) serta watak & peringai.
III. FUNGSI KEHIDUPAN ASRAMA D’NUMB
Fungsi kehidupan asrama D'Numb adalah sejalan
dengan hakikat kehidupan yakni pembentukan nilai dan norma maka fungsi asrama
sebagai berikut:
1. Kehidupan asrama dapat menciptakan suasana home (rumah) yakni:
a Lingkungan kasih sayang jauh dari suasana perselisihan (a world
strife shut out, a world of love shut in)
b Tempat dimana yang kecil merasa dibesarkan dan yang besar merasa
kecil (the place where the small are great and the great are small)
c Tempat dimana tidak banyak menggerutu dan diperlakukan
sebaik-baiknya (the place where we grumble most and treated the best)
d Tempat dimana kita makan tiga kali sehari sekenyang-kenyangnya dan
memuaskan diri seribu kali (the place where stomach gets three square
meals a day and our heart a thousand)
e Pusat pertumbuhan dwitunggal antara peri kasih sayang dan angan-angan
pribadi (The center of our affection round which our heart best wishes
twine)
2. Kehidupan asrama harus menjadi laboratorium sosiologis, di mana hubungan
manusia merupakan kunci utama.Kehidupan asrama D'Numb menjadi tempat membangun jati
diri hidup disiplin dalam segala aktivitas.
IV. TUJUAN PENYELENGGARAAN ASRAMA D’NUMB
Tujuan Penyelenggaraan asrama D'Numb adalah untuk
menunjang keberhasilan pencapaian pendidikan di sekolah dimana Pembina
mempersiapkan beberapa program penting yakni:
a Memberikan bimbingan kepada peserta didik (penghuni asrama) dan
menanamkan rasa disiplin pada peserta didik.
b Mebiasakan para peserta didik untuk mencintai belajar secara bersama-sama
dengan teman sebanyanya.
c Membantu Peserta didik agar dapat menyesuaikan diri pada kehidupan
sosial dalam lingkungan sebaya.
d Membantu peserta didik dalam proses pengembangan nilai-nilai kecerdasan
dan keterampilan.
e Membantu memberikan tempat penginapan bagi peserta didik yang rumahnya
jauh dari sekolah.
V. CARA PENDAMPINGAN ANAK ASRAMA D’NUMB
Cara Pendamping Anak Asrama D'Numb yakni sebagai
berikut:
1. Komunikasi atau dialog antar pribadi maupun dalam forum bersama
2. Instruksi/informasi atau usulan secara lisan dan tertulis
3. Contoh keterlibatan pembina asrama (Bapak dan Ibu ASrama) dalam kegiatan bersama
4. Keterlibatan anak asrama dalam membuat ketentuan atau kesepakatan dalam
kegiatan hidup bersama
5. Nasihat, teguran, sanksi yang mendidik
6. Memotivasi untuk maju, kreatif dan bekerja sama
7. Evaluasi Pribadi atau keleompok
8. Refleksi dalam doa dan renungan
9. Sapaan, hiburan, rekreasi yang meredakan ketegangan
10. Prinsip pembina asrama sebagai orang tua sosial bagi anak asrama
11. Kegiatan-kegiatan pendampingan dan pelatihan yang padu antara sekolah
dan asrama.
VI. KOMPETENSI KEHIDUPAN BERASRAMA
1. Kompetensi Kepribadian
a. Taat pada ajaran agama dan norma hukum
- Menjalankan ajaran agama
- Menjauhi larangan agama
- Ketaatan pada norma hukum dan peraturan
b. Jujur: Tidak berbohong dan dapat dipercaya
c. Bertanggung jawab
- Bertindak selaras dengan apa yang diucapkan
- Menepati janji
- Berkorban untuk orang lain
- Keaktifan dalam mengikuti kegiatan bersama
d. Sopan santun
-Tidak menyakiti orang lain
- Menghormati orang lain
- Menghargai orang lain
- Bertutur kata dengan baik
e. Mandiri
- Tidak bergantung pada orang lain
- Tidak mudah terpengaruh orang lain
- Mempunyai prinsip hidup merubah diri ke arah yang lebih baik
f. Kreatif
- Mempunyai inisiatif
- Menghasilkan karya unik
- Mempunyai ide untuk menulis sesuatu hal atau mengungkapkan pendapat
g. Disiplin: bertindak sesuai dengan norma dan ketentuan yang berlaku
baik di asrama, sekolah maupun masyarakat.
h. Cinta tanah air (patriotisme): belajar menggunakan bahasa Indonesia
dengan baik dan benar dan juga mengenal kebudayaannya sendiri sebelum mengenal
kebudayaan dari daerah lain.
2. Komptensi Sosial
a. Kemampuan bekerja sama
ü Berbagi pekerjaan
Berbagi ide (bisa memberi ide dan menerima ide)
ü Bisa menerima Kehadiran orang lain
ü Berpartisipasi aktif
b. Memiliki Jiwa kepemimpinan
o
Dapat mengatur orang lain
o
Dapat diatur orang lain
o
Loyal sebagi pemimpin maupun anggota
o
Inisiaitif
c. Berikap inklusif dan toleran
terhadap agama lain
d. Menghargai perbedaan
Ø Empati
Ø Tidak bertindak diskriminatif
Ø Bertindak Objektif
d. Peduli
v § Respon atau cepat
tanggap
v § Suka menolong
v § Menjaga kelestarian
lingkungan
“Sukses tidak diukur dari uang atau kekuatan atau status sosial. Sukses diukur dari kedisiplinan dan kecantikan dan kegantengan dalam diri Anda”
Harekakae, 11 Agustus 2008
Penanggung Jawab Asrama D'Numb
Frederick Mau, S.Fil
Harekakae, 11 Agustus 2008
Penanggung Jawab Asrama D'Numb
Frederick Mau, S.Fil
Tidak ada komentar:
Posting Komentar