ASRAMA D'Numb Trans Blok C Harekakae-Betun-Malaka: INFORMASI TENTANG ASRAMA D'NUMB (Keunikan dan Kekhasan dari Asrama D'Numb)

Sabtu, 11 Agustus 2018

INFORMASI TENTANG ASRAMA D'NUMB (Keunikan dan Kekhasan dari Asrama D'Numb)

SELAYANG PANDANG ASRAMA D'NUMB TRANS BLOK C HAREKAKAE
D'NUMB PARK, Halaman depan Asrama D"NUMB. 

Anak-anak asrama Putra D'Numb bersama Pembina Asramanya
Anak-anak Asrama D'Numb
I. ARTI NAMA D’NUMB
Asrama D'Numb merupakan salah satu dari beberapa asrama yang berada di wilayah Trans Blok C- Harekakae-Betun-Malaka yang sudah berdiri sejak 31 Juli 2016. Secara spesifik istilah D'Numb sebenarnya merupakan sebuah akronim yang menggambarkan bahwa asrama ini pada dasarnya dibangun untuk menjadi tempat penginapan bagi anak-anak yang bersekolah di SMA Negeri Harekakae dan Juga SMP Negeri Tabene. D'Numb merupakan bahasa adopsi dari bahasa Inggris dari kata Numb yang artinya kaku atau mati rasa. Kekakuan anak-anak remaja dalam menjalani kehidupannya dengan memboroskan waktu menjadi inspirasi untuk membentuk sebuah asrama yang memiliki dasar-dasar pola aturan yang baku demi menunjang pertumbuhan fisik dan psikis dari anak-anak yang tinggal di asrama ini. Pembubuhan kata D dengan tanda petik pada kata numb mengarah pada akronim dari beberapa versi yakni Dari Numbei, Dari Numbei Builaran, Daka Nosi Uma Mamulak Besik. Perlu diperhatikan bahwa pengucapan asrama ini merupakan pengucapan dalam bahasa Inggrs yakni D'Numb dibacanya denamb bukan denumb. diharapakan bagi siapa saja yang membaca website ini agar tidak salah kaprah.


Asrama D'Numb meliputi asrama putra dan putri yang berfungsi sebagai piranti pemudah demi tercapainya tujuan bersekolah. Suasana kehidupan asrama yang dipelihara adalah semangat persaudaraan sejati yang membuat warga asrama dan juga masyarakat merasa aman, senang dari kerasan. Suasana inilah yang akan membantu anak asrama D'Numb untuk mengembangkan diri dalam segi intelektualitas, religiusitas, humanitas, sosialitas. Di tempat ini semua anak asrama akan adanya pendampingan dan pelatihan. Kegiatan pendampingan ini diberikan pada anak asrama dengan maksud agar mereka menjadi pribadi yang berkualitas tinggi, beriman, berwatak, dan berbudi pekerti luhur dalam bidang pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai hidup yang diperlukan untuk siap melanjutkan ke Perguruan Tinggi maupun hidup di tengah hidup di masyarakat.


II. HAKIKAT ASRAMA D’NUMB
Hakikat kehidupan asrama D'Numb adalah bukan semata-mata pembentukan kebiasaan namun lebih terfokus pada proses pembentukan nilai dan norma pada diri anak-anak asrama dengan memperhatikan beberapa unsur kehidupan yakni agama, pendidikan, pekerjaan, kebenaran, kebersamaan (persaudaraan dan kekeluargaan) serta watak & peringai.

III. FUNGSI KEHIDUPAN ASRAMA D’NUMB
Fungsi kehidupan asrama D'Numb adalah sejalan dengan hakikat kehidupan yakni pembentukan nilai dan norma maka fungsi asrama sebagai berikut:
1.      Kehidupan asrama dapat menciptakan suasana home (rumah) yakni:
a     Lingkungan kasih sayang jauh dari suasana perselisihan (a world strife shut out, a world of love shut in)
b  Tempat dimana yang kecil merasa dibesarkan dan yang besar merasa kecil (the place where the small are great and the great are small)
c   Tempat dimana tidak banyak menggerutu dan diperlakukan sebaik-baiknya (the place where we grumble most and treated the best)
d   Tempat dimana kita makan tiga kali sehari sekenyang-kenyangnya dan memuaskan diri seribu kali (the place where stomach gets three square meals a day and our heart a thousand)
e  Pusat pertumbuhan dwitunggal antara peri kasih sayang dan angan-angan pribadi (The center of our affection round which our heart best wishes twine)

2.      Kehidupan asrama harus menjadi laboratorium sosiologis, di mana hubungan manusia merupakan kunci utama.Kehidupan asrama D'Numb menjadi tempat membangun jati diri hidup disiplin dalam segala aktivitas.

IV. TUJUAN PENYELENGGARAAN ASRAMA D’NUMB

Tujuan Penyelenggaraan asrama D'Numb adalah untuk menunjang keberhasilan pencapaian pendidikan di sekolah dimana Pembina mempersiapkan beberapa program penting yakni:
a   Memberikan bimbingan kepada peserta didik (penghuni asrama) dan menanamkan rasa disiplin pada peserta didik.
b     Mebiasakan para peserta didik untuk mencintai belajar secara bersama-sama dengan teman sebanyanya.
c      Membantu Peserta didik agar dapat menyesuaikan diri pada kehidupan sosial dalam lingkungan sebaya.
d   Membantu peserta didik dalam proses pengembangan nilai-nilai kecerdasan dan keterampilan.
e    Membantu memberikan tempat penginapan bagi peserta didik yang rumahnya jauh dari sekolah.

V. CARA PENDAMPINGAN ANAK ASRAMA D’NUMB

Cara Pendamping Anak Asrama D'Numb yakni sebagai berikut:
1.      Komunikasi atau dialog antar pribadi maupun dalam forum bersama
2.      Instruksi/informasi atau usulan secara lisan dan tertulis
3.      Contoh keterlibatan pembina asrama (Bapak dan Ibu ASrama) dalam kegiatan bersama
4.      Keterlibatan anak asrama dalam membuat ketentuan atau kesepakatan dalam kegiatan hidup bersama
5.      Nasihat, teguran, sanksi yang mendidik
6.      Memotivasi untuk maju, kreatif dan bekerja sama
7.      Evaluasi Pribadi atau keleompok
8.      Refleksi dalam doa dan renungan
9.      Sapaan, hiburan, rekreasi yang meredakan ketegangan
10. Prinsip pembina asrama sebagai orang tua sosial bagi anak asrama
11. Kegiatan-kegiatan pendampingan dan pelatihan yang padu antara sekolah dan asrama.

VI. KOMPETENSI KEHIDUPAN BERASRAMA

1. Kompetensi Kepribadian
a. Taat pada ajaran agama dan norma hukum
      - Menjalankan ajaran agama
      - Menjauhi larangan agama
      - Ketaatan pada norma hukum dan peraturan
b. Jujur: Tidak berbohong dan dapat dipercaya
c. Bertanggung jawab
    - Bertindak selaras dengan apa yang diucapkan
    - Menepati janji
    - Berkorban untuk orang lain
    - Keaktifan dalam mengikuti kegiatan bersama
d. Sopan santun
    -Tidak menyakiti orang lain
    - Menghormati orang lain
   - Menghargai orang lain
   - Bertutur kata dengan baik
e. Mandiri
    - Tidak bergantung pada orang lain
   - Tidak mudah terpengaruh orang lain
    - Mempunyai prinsip hidup merubah diri ke arah yang lebih baik
f. Kreatif
    - Mempunyai inisiatif
   - Menghasilkan karya unik
   - Mempunyai ide untuk menulis sesuatu hal atau mengungkapkan pendapat
g. Disiplin: bertindak sesuai dengan norma dan ketentuan yang berlaku baik di asrama, sekolah maupun masyarakat.
h. Cinta tanah air (patriotisme): belajar menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dan juga mengenal kebudayaannya sendiri sebelum mengenal kebudayaan dari daerah lain.

2. Komptensi Sosial
a. Kemampuan bekerja sama
ü  Berbagi pekerjaan
 Berbagi ide (bisa memberi ide dan menerima ide)
ü  Bisa menerima Kehadiran orang lain
ü  Berpartisipasi aktif
b. Memiliki Jiwa kepemimpinan
o   Dapat mengatur orang lain
o   Dapat diatur orang lain
o   Loyal sebagi pemimpin maupun anggota
o   Inisiaitif
c. Berikap inklusif dan toleran terhadap agama lain
d. Menghargai perbedaan
Ø   Empati
Ø   Tidak bertindak diskriminatif
Ø   Bertindak Objektif
d. Peduli
v §  Respon atau cepat tanggap
v §  Suka menolong
v §  Menjaga kelestarian lingkungan


“Sukses tidak diukur dari uang atau kekuatan atau status sosial. Sukses diukur dari kedisiplinan dan kecantikan dan kegantengan dalam diri Anda” 




Harekakae, 11 Agustus 2008
Penanggung Jawab Asrama D'Numb



Frederick Mau, S.Fil













Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

MENGAPA SAYA HARUS BELAJAR?

KITA HIDUP UNTUK BELAJAR Belajar mempunyai peranan yang vital bagi hidup seseorang. Pastinya anda sudah tahu dengan istilah ”Hanya ...